LANGKAH-LANGKAH PEMROGRAMAN (THE PROGRAMMING STEPS)

Saat ini kemajuan teknologi, keinginan dan kebutuhan akan informasi semakin meningkat, apalagi sekarang mulai masuk era online, era cepat saji, sehingga kebutuhan akan data dan informasi yang cepat saji menjadi keinginan mutlak pimpinan,institusi bahkan client kita. Untuk itu perancanagn sistem atau program untuk memenuhi kebutuhan tersebut harus dirancang dengan baik dan tepat, apalagi sekarang banyak pemimpin yang sebenarnya tidak mengetahui seluk beluk dari sistem/program tapi berani memutuskan untuk merancang dan menyediakan sistem/program tersebut dalam waktu yang singkat. Aktifitas-aktifitas pada fase ini adalah menulis program. Kejadian pentingnya adalah menguji program, Rencana Tes Sistem, dan paling tidak mulai pada Dokumentasi User.

Dalam membuat program, pemrograman adalah pokok dari proses pembuatan program itu sendiri namun pemrograman bergantung dari pemahaman persoalan, analisis sistem, perencanaan-perencanaan dalam mendesain program itu sendiri.

LANGKAH-LANGKAH PEMROGRAMAN (THE PROGRAMMING STEPS), yaitu:

1. - Rencana Penggabungan (Plan The Integration)

2. -- Mendisain Modul (Design The Module)

3. Telusuri Disain Modul (Walk Through The Module Design)

4. - Rencana Bagaimana Menguji Modul (Plan How To Test The Module)

5. - Kode Setiap Modul (Code Each Module)

6. - Menguji Modul (Test The Module)

7. - Menguji Level Terendah dari Integrasi (Test The Lowest Levels Of Integration)

8. Menyimpan Semua Hasil Pengujian; Penggabungan Modul-modul Yang Telah Diuji (Save The Results Of All Tests; Submit Finished Modules To Integration)

9. Memulai Dokumentasi User (Get Started On The User Documentation

Pemrograman telah menjadi sebuah karya seni. Programmer diperbolehkan untuk “mengerjakan segala sesuatunya sendiri”. Hal tersebut sangat cepat ditemukan dan sangat mahal untuk melaksanakan proses tersebut. Pemrograman haruslah dipertimbangkan sebagai sebuah ilmu pengetahuan.

Pemrograman adalah kesenangan tetapi debugging bukanlah kesenangan. Perhatikan pernyataan seperti “Pengkodean telah dilakukan, semua yang debug dihilangkan, sehingga 90% telah dikerjakan”. Data statistik menunjukkan bahwa programmer hanya 50% berhasil setelah pengkodean. Pada akhir fase pemrograman, lihatlah hal utama berikut ini :

1. Disain modul sudah dijalankan dan diselesaikan.

2. Program-program individual sudah selesai di-kodekan, diuji dan diselesaikan oleh pimpinan proyek.

3. Susunan dari penggabungan telah ditentukan, ditulis dalam Rencana Pengujian Sistem (dan pemrograman telah dijalankan pada saat itu).

4. Tanggung jawab terhadap dokumentasi user telah diberikan, dan jika anda beruntung hal tersebut telah dilakukan.

Setelah kita tahu bagaimana atau langkah -langkah dalam membuat program yang baik, alangkah sebaiknya dalam perencanaan sistem atau program tidak asal-asalan bahkan hanya menganggap seperti menggoreng tempe itu tadi, dibolak-balik matang, ingat Programmer juga manusia.. bukan robot yang sekali pencet bisa menyelesaikan masalah.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "LANGKAH-LANGKAH PEMROGRAMAN (THE PROGRAMMING STEPS)"

Post a Comment